Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Monday, May 5, 2008

TOYOTA BERCERITA

Kepedulian Toyota Kepada Para Pendidik & Anak-anak

Sejalan dengan semangat hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei, Toyota kembali mewujudkan komitmennya terhadap dunia pendidikan, kali ini bersama dengan Ikatan Guru TK Indonesian (IGTKI) memberikan apresiasi kepada para guru di jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak.

Bertempat di TK Negeri Pembina Nasional, Petukangan Utara, apresiasi ini diberikan kepada para guru yang berhasil menjadi pemenang dalam program kompetisi Toyota Bercerita yang diperuntukkan bagi para guru TK se-DKI Jakarta. Lomba ini juga bertujuan untuk memupuk kecintaan anak terhadap tanah air.

Mengambil tema “Indahnya Indonesiaku”, program kompetisi Toyota Bercerita telah dimulai semenjak akhir 2007 dengan melibatkan lebih dari 400 peserta. Setelah guru bercerita di sekolah masing-masing, anak didik diberi tugas menggambar tentang kegiatan wisata liburan, dan para guru akan mengirimkan seluruh laporan tersebut kepada panitia. Keseluruhannya akan disaring berdasarkan kreatifitas, originalitas, pelibatan anak dan pesan moral. 6 pemenang berhak atas paket wisata keluarga ke Bali.

“Sesuai dengan filosofi Moving Forward, Toyota terus mencari cara yang tepat memberikan kontribusi nyata dalam bidang pendidikan, tak hanya berbentuk sumbangan materi. Salah satunya melalui Toyota Bercerita ini,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. ”Kami yakin, melalui edukasi dengan pola bercerita, kreatifitas para guru akan semakin terasah dan ingatan anak serta kecintaan terhadap negerinya akan lebih kuat tertanam.”

Lebih lanjut Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor menambahkan, “Taman Kanak-kanak adalah jenjang awal pendidikan yang sangat menentukan kualitas para penerus bangsa, baik jasmani maupun rohani. Karena itu kami mencoba merangkul komunitas pemerhati dan pendidik di jenjang ini, menyusul kegiatan kami di bidang pendidikan lainnya seperti T-TEP (SMK), edukasi Smart Driving (SMA), Alumni Back To Campus (universitas), dll.”

Toyota Bercerita ini diharapkan dapat menjadi pilot project bagi kompetisi serupa yang rencananya dilakukan secara rutin tiap tahun dengan skala lebih besar, dan karena itu diharapkan dapat menjadi pemicu bagi guru-guru lain di luar daerah untuk mengembangkan pola bercerita dengan anak-anak.

”Ini acara unik yang mementingkan kecerdasan anak dan kehebatan guru. Harapan kami dengan Toyota Bercerita, murid lebih mencintai Indahnya Indonesia, dan secara bersamaan kemampuan para guru akan terasah karena harus membuat program cerita yang kreatif dan inovatif,” dukung Dainas, ketua IGTKI propinsi DKI Jakarta yang menjadi salah satu juri dalam lomba ini bersama dengan Ratna Djuwita (psikolog dan pemerhati anak), Ratih Sanggarwati (selebriti dan tokoh masyarakat yang juga pencinta keluarga), Widyawati (Deputy GM Toyota), serta Silih Wasesa (pakar ilmu komunikasi).

“Sulit untuk menentukan pemenangnya, karena seluruh peserta memiliki kemampuan bercerita yang unik dan kreatif,” ujar Ratih Sanggarwati. Kegiatan ini memang terbukti telah memberikan tantangan sekaligus motivasi positif kepada para pendidik dalam aktifitas mengajar, sehingga pada akhirnya diharapkan dapat mendukung kualitas pendidikan di Indonesia. /PR

Adapun para pemenang dalam program Toyota Bercerita kali ini adalah:

Kategori Cerita:

1. Nama Peserta : Elis Mukhlisoh
Judul : Eloknya Wajah Tanah Airku Indonesia
Nama TK : TK Mawar - Melati

2. Nama Peserta : Sunarti, S.Pd.
Judul : Berlibur ke Rumah Nenek
Nama TK : TK Kemala Bhayangkari 6

3. Nama Peserta : R. Ratna Leysiah
Judul : Indahnya Indonesiaku
Nama TK : TKIT As-Sa’adah


Kategori Laporan:

1. Nama Peserta : Fithri Nur Rohmah
Judul : Indahnya Indonesiaku
Nama TK : TK Nurul Huda

2. Nama Peserta : Siti Badriah
Judul : Rekreasi ke Pantai Anyer
Nama TK : TK Kencana Mulia

3. Nama Peserta : Endah Soekarsono
Judul : Matahari di Dunia Tanpa Batas
Nama TK : Komunitas Homeschooling Berkemas

0 comments:

Post a Comment